Tentang Desember

Selasa, 24 Desember 2013


Foto by: Resky Amanda Danial
Pagi ini saya kuliah pagi. Pukul 07.30. Dengan enggan saya bangun dari tempat tidurku. Tadi tidur lagi selepas sholat subuh. Di luar masih gerimis, sisa hujan semalam. Jam hp ku menunjukkan pukul 07.18. Waah bakalan telat. Saya segera ke kamar mandi. Baru menyentuh air, wess..dinginnya bukan main. Haruskah mandi?? Hmm sepertinya tidak  usah.Ingat ingat kaki ku yang biasa keram ketika kena dingin yang berlebih. Tidak ada waktu untuk mengurus kaki yang ngilu sekarang. Setelah ganti baju dan lain lalin (nyiapin tas dan buku) saya meninggalkan  kosan dengan payung di tangan. Benar benar dingin.Jalanan masih lengang. Ah, siapa pula yang mau berdingin dingin sekarang. Bahkan matahari pun enggan muncul.

Saya mempercepat langkah. Ini mungkin sudah telat. Hujan deras menyambut begitu saya masuk di area kampus. Tidak tampak wajah teman teman yang biasanya sudah berkeliaran di depan kelas kelas. Saya meraih handphone dan meng-sms ketua tingkat saya, dan beberapa teman teman yang lain. Ajaib, jawaban mereka hampir sama, ‘saya baru bangun Rahma, izinkan ya..’ Saya tepok jidat, tidak mungkin saya kuliah sendiri kan. Di samping saya enggan bohong tentang izin nya teman teman saya, dan saya juga tidak mau menanggung sendiri jika dosen marah tentang teman teman yang belum datang dan mungkin ada tugas yang belum sempat saya kerjakan. Karena saya memang sedikit kurang rajin dalam mengerjakan tugas. Hehhehe.

Ini Desember. Identik dengan hujan, dingin, common cold, malas, lapar dan tumpukan tugas yang di kejar deadline,karena sebentar lagi sudah ujian.

Saya berusaha mencari dosen saya. Tapi tidak ketemu juga, saya memutuskan menunggu hingga 30menit. Tapi udara dingin yang dibawa hujan ini betul betul seperti menusuk tulang tulang. Saya memutuskan untuk ke mesjid, di samping saya punya janji, saya juga ingin istrahat. Mungkin melanjutkan tidur pagi ku yang tadi terpotong. Ini Desemeber!


Selain hujan dingin dan lain lain, ada satu cerita tentang Desember yang selalu melekat pada saya. Yaitu penyesalan dan kenangan. Apalagi kalau bukan penyesalan  tentang waktu yang berlalu. Dan saya merasa di gilas waktu tanpa ampun. Baru kemarin rasanya orang orang merayakan tahun baru, beberapa hari lagi dentuman dentuman perayaan yang sama akan kembali berdengung. Secepat itukah waktu? Kenapa bagai petir saja.? !Sedangkan, saya merasa seperti belum beranjak dari tempat berdiriku yang sebelumnya. Belum berubah tempat sedangkan angka tahun sudah berganti.

Juga tentang kenangan, ada beberapa hal yang terjadi atau mungkin yang kita lalaui sepanjang tahun ini yang sepertinya cukup berbekas dalam diri. Jika dia kenangan indah, semog akan keka dalam kenangan, dan jika dia buruk atau jelek, moga kita dapat mengambil pelajaran.

Selepas kuliah pukul 14.00, saya dan temanku jalan jalan keluar sejenak. Keluar dari rutinitas dan melihat lihat fenomena Desember. Sekarang tanggal 24 Desember. Dengan semangat menerobos hujan, sebenarnya belum hujan siih, tapi sepertinya bentar lagi hujan, kami ke toko buku. Benar saja. Fenomena Desember yang satu itu sangat terasa. Setelah melihat lihat dan capai dan juga sudah menjelang magrib, kami pulang.

 Ini dia  tentang Desember. Tentang fenomena, cuaca, penyesalan dan kenangan. Tentang cerita.
Tentang catatan perjalanan dan tentang sejuta kisah lainya.

Semoga waktu bukan hanya sekedar penghantar menuju ketuaan saja.

#Tentang Desember!



Mks, 24 Desember 2013

Rahma Afnan

3 komentar:

Aulia Rakhmawati mengatakan...

assalamu'alaikum, Rahma. cerita yang menarik. :)
salam kenal, saya Aulia, hantu blog juga. :)
mari kunjungi blog saya ya, http://anjangsanakata.blogspot.com/ :)
keep writing! :))

Unknown mengatakan...

Saya pun selalu didekap cemas ketika Desember datang. Bagaimana tidak? kalau agenda dan tumpukan target tidak habis di tiupan terakhir terompet tahun baru.

Tahun ini lebih menyiksa, karena begitu banyak rindu datang tanpa permisi.

Jalan-jalanlah ke rumahku;

http://sativadikpa.blogspot.com/

www.dikpa-sativa.blogspot.com

Rahma Afnan mengatakan...

Auliya Rahmawati : wa'alaykumussalm, salam pena ;)


K Dikpa Sativa : huhuhu join bede blog q kk ;(

Posting Komentar

tinggalkan jejak ya... :)