Menulis, dari kewajiban sampai sekedar hobby

Senin, 22 April 2013



Ada banyak alasan orang untuk menulis.  Mulai dari kewajiban, alasan financial, kepopuleran, berkontribuasi pada peradaban atau hanya sekedar menyalurkan hobi. Karena alasan alas an itu pula,maka kita jumpai begitu banyak macam dan aneka jenis tulisan yang muncul. Orang menulis , atau budaya menulis, berusia hampir sama dengan sejarah manusia. Yaa karena masa seblum mengenal tulisan di sebut masa prasejarah, jadi boleh di katakana menulis adalah awal di mana manusia mengenal peradaban.
Dari tulisan tulisan itu kita kenal kehidupan dahulu. Dan dari tulisan sekaranag kita bisa merekayasa masa depan. Dan menjadikan nama kita abadi di masa datang.
Memulai menulis memang agak susah, apalagi untuk penulis pemula. Tapi seiring waktu dan giat berlatih, tentu kendala kendala seperti itu akan hilang dengan sendirinya. Membaca adalah hal yang selalu beriringan dengan menulis. Seorang penulis yang rajin memebaca, akan keliatan bisa menghasilkan tulisan yang bagus. Ini di karenakan dengan membaca kita akan menemui  beragam gaya tulisan penulis penulis lain. Dan bendahara kosa kita semakin banayak. Ini tentu saja sangat berguna bagi aktivitas menulis kita.
Semakin banyak buku yang kita baca, artikel atau apaun itu, semakin banyak wawasan kita dan bisa dengan mudah menghasilkan tulisan baru. Entah  itu menulis menyimpulkan apa yang kita baca, atau sampai menghasilkan tulisan dengan tema baru.  Dari membaca pula, kita akan tau pola pikir sang penulis.  Darinya kita belajar untuk lebih menata tata cara kita menulis, agar denganya menghasilkan tulisan yang baik, yang merupakan cerminan pola pikir kita sebagai penulis.


0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak ya... :)