BEKERJA KERAS,CERDAS DAN IKHLAS

Kamis, 24 Oktober 2013


Tadi pagi saya mendengarkan sebuah rubric majalah udara di radio kesukaan saya.
Pembahasan nya menarik. Setidaknya cukup untuk membuat saya menunda menyapu lantai dan memilih menyimaknya hingga akhir. Temanya cermin diri. Tentang Bekerja dengan keras, cerdas dan ikhlas.
Saya ingin menyimpulkannya sedikit.
Bekerja keras, cerdas dan ikhlas,mari kita bahas satu persatu.
Bekerja keras,
Sebagian orang sukses adalah orang yang ‘bandel’. Bandel dengan kerjaannya, ketika kegagalan menghadangnya, ketika kelelahan menghentikannya dan dan godaan lain yang datang membujuknya untuk berhenti. Dia bandel, pantang menyerah dan memilih setia. Setia pada yang di usahakannya, menyingkirkan kelelahan, melewati kegagalannya dan mengabaikan seluruh godaan lainnya hingga   mencapai apa yang di usahakannya,meraih mimpi, meraih cita dan menggenggam suksesnya.
Penyiar menyebutkan kisah Sahabat Rasulullah SAW (sayang saya lupa namanya) yang bekerja keras. Nabi SAW memujinya. Muslim yang berusaha dan bekerja keras untuk kehidupannya tentu lebih mulia dari mereka yang hanya mengharap dari orang lain.
Berikutnya adalah Soichiro Honda. Siapa yang tidak mengenalnya?? Founder perusahaan otomotif raksasa dunia. Dia bukanlah seseorang dengan kemampuan intelektual yang jenius. Tapi keuletannya yang menjadikannya seperti yang kita kenal.

Bekerja Cerdas,
Ya, tidak cukup bekerja keras, sebagai manusia kita harus bekerja cerdas. Akal, gunakan karunia Allah yang satu ini dengan sebaik mungkin. Dengan kemampuan yang terbatasnya manusia, mungkin fisik,  financial, atau apalah ketidakmampuan yang lain. Maka cerdaslah mencari jalan keluarnya. Tentu saja bukan maksudnya untuk menempuh jalan yang licik. Tapi kreatif dalam hal yang baik,mengatasi kelemahan dan tetap mampu melakukan hal hal yang positif dan produktif.
Sebagai contoh kasus, seseorang belajar matematika untuk ujian, maka belajar keras dengan menghafal mati-matian rumus dan turunannya saja tidak cukup.walaupun kelihatanya dia sudah belajar dan menghafal semuanya. Dia butuh latihan, mengerjakan soal soal. Sebab jelas, matematika adalah pelajaran exacta, bukan hafalan. BEKERJA CERDAS!

Yang ketiga adalah bekerja IKHLAS.
Manusia yang bekerja dengan keras dan cerdas saja tidak cukup. Semua pekerjaan pasti punya tujuan bukan?? Tidak mungkin orang kerja keras tanpa tujuan, bego namanya! Nah,ini dia. Ketika tujuan dari seluruh kerja kita hanyalah untuk pencapaian dunia, di lihat oleh manusia lantas di puji, mendapatkan materi, maka yakinlah suatu saat kita akan cape. Tidak akan melakukakannya ketika tidak ada yang melihat, akan kecewa ketika di cela dan putus asa ketika ketika tidak dapat materi atau imbalan atau apalah semacamnya. Lelah. Mengikuti kehendak orang dan bukan dorongan dari dalam diri sendiri.
Ikhlaslah, melakukan, bekerja atau beramal untuk sesuatu yang abadi.Untuk Yang Maha Kekal, Yang Melihat perbuatan sekecil apapun,Tidak Tidur, Membalas kebaikan sekecil apapun. Apa yang kita ragukan dari-NYa?? Dan apa yang kita harapkan dari manusia yang terbatas dan dunia yang sementara?  Tidak ada yang sia sia di mata-Nya sepanjang kita ikhlas. Seorang muslim di ajarkan  bahwa keikhlasan salah satu tonggak di terimanya amalnya. Bekerja karena Allah, bukan karena pujian, imbalan, atau dunia semata. Yang duniawi itu memang perlu, tapi ketika kau melakukannya semata mata untuk tujuan itu, percayalah,kau  akan cape’ dan bersiaplah kecewa sebesar kau mengusahakannya. Ketika kita mengejar akhirat, maka dunia akan mengikuti kita, tapi jika mengejar dunia,maka rasa capelah yang kita daptkan, karena kita tidak akan pernah puas.

Recommended
RAM, 92,5 FM untuk Makassar dan sekitarnya.
Majalah Udara, Voice Of Islam, kerja sama MediaIslamNet dengan radio2 FM.  bisa mendengarnya dengan radio FM di kota masing2. Cari tauu deeh radio mana yang nyiarin. Atau buka websitenya media Islam Net, list radio kerja sama mereka. Untuk Makassar siarannya bisa di dengarkan pukul 06.30 pagi. Ada juga siaran siang dan sorenya, tapi saya kurang ingat pukul berapa.

BEKERJA, KERAS, CERDAS DAN IKHLAS!
^_^

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak ya... :)